SEKILAS INFO

PRINSIP PHT 1. BUDIDAYA TANAMAN SEHAT, 2. PELESTARIAN DAN PENDAYAGUNAAN MUSUH ALMI, 3. PENGAMATAN MINGUAN DAN 4. PETANI AHLI PHT

Jumat, 12 Juli 2013

Laporan Taksasi Kehilangan Hasil oleh OPT

I.  PENDAHULUAN

1.  Latar Belakang

Pengaruh pemanfaatan teknologi maju dalam proses produksi selain dapat meningkatkan tingkat produktifitas lahan ternyata mempunyai dampak terhadap kompleksitas gangguan OPT sangat dipengaruhi oleh tingkat kerusakan  tanaman. Kerusakan tanaman karena serangan OPT dewasa ini terlihat semakin beragam. Sifat tanaman, faktor lingkungan baik biotik maupun abiotik, kepadatan populasi OPT, teknik budidaya tanaman dan tindakan petani dalam mengelola usahataninya, merupakan faktor-faktor yang ikut mempengaruhi tingkat kerusakan tanaman, selain jenis OPT dan saat berlangsungnya infestasi oleh OPT yang bersangkutan. Oleh sebab itu untuk menekan tingkat kehilangan hasil karena serangan OPT, perlu disusun strategi pengendalian yang baik dan bersifat menyeluruh yang dapat dipertanggungjawabkan baik dari aspek ekonomi maupun ekologinya.
Untuk menyusun strategi pengendalian yang tepat guna dan berhasilguna diperlukan informasi yang akurat tentang keadaan OPT, kemampuan petani dalam mengendalikan OPT, potensi kehilangan hasil dari masing-masing daerah, kehilangan hasil yang masih terjadi di lapang, dan biaya yang masih dapat ditolerir dalam usaha pengendalian OPT.
Oleh karena itu, kegiatan monitoring kehilangan hasil akibat serangan OPT perlu secara rutin dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui gambaran susut hasil akibat serangan OPT, manfaat pengendalian dalam menyelamatkan hasil di wilayah pengamatan serta untuk mengetahui kemampuan petani dalam mengendalian serangan OPT. Dengan terkumpulnya informasi-informasi tersebut diharapkan strategi pengendalian OPT yang baik dan menyeluruh serta dapat dipertanggungjawabkan baik dari aspek ekonomi maupun ekologinya dapat segera disusun. Sehingga produksi yang hilang dapat dicegah dan pendapatan petani dapat ditingkatkan. Sehubungan dengan hal tersebut Balai perlindungan Tanaman akan melakukan Uji Taksasi kehilangan Hasil oleh OPT di beberapa wilayah.


2.  Tujuan
  • Mengetahui gambaran susut hasil akibat serangan OPT.
  • Mengetahui kemampuan petani dalam mengendalikan serangan OPT.
  • Mengetahui potensi kehilangan hasil akibat serangan OPT.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SARAN

Entri Populer